News

Daihatsu Siap Dukung Regulasi LCGC

Sudah sejak IIMS 2011, isu  regulasi Low Cost Green Car (LCGC) dari pemerintah menjadi momok yang beredar di kalangan produsen mobil di Tanah Air. Persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah, membuat beberapa produsen mobil di Indonesia, bersiap diri. Dan Daihatsu merupakan salah satu APM yang siap mendukung regulasi yang perkiraannya akan di ditetapkan di akhir tahun 2012.
Sesuai dengan info yang telah beredar, untuk rancangan peraturan LCGC memang belum berupa draft detail hal yang dapat menjadi rujukan bagi produsen mobil, untuk memproduksi mobil LCGC. Namun beberapa beberapa penekanan yang ingin dikedepankan oleh pemerintah seperti  batasan kapasitas mesin maksimal 1200cc. hasil konsumsi BBM pun merujuk pada, untuk 1000cc 22km/liter, dan untuk 1200cc 20km/liter. Hal lain yang ditekankan yaitu kandungan komponen lokal minimal 40% di tahun pertama, tahun ketiga naik jadi 60%, dan di tahun kelima menjadi 80%.
Menyikapi keputusan yang akan menjadi regulasi bagi para pelaku industri Otomotif, Daihatsu siap mengikuti apa yang telah menjadi ketetapan oleh pemerintah. Namun jauh sebelum kabar regulasi LCGC diterbitkan. Mobil A-Concept karya Mark Wijaya, juga merupakan salah satu bentuk kreasi putra bangsa dengan sasaran desain yang mengacu pada regulasi LCGC yang dikeluarkan oleh pemerintah. Namun Daihatsu masih melihat perkembangan yang akan terjadi. Sekiranya regulasi tersebut jadi di sah kan, Daihatsu siap mempersembahkan salah satu kreasi terbaiknya untuk melahirkan sebuah mobil berharga terjangkau, dan pastinya ramah lingkungan. Seperti apa kiranya gesture dan tampilan LCGC keluaran Daihatsu..?  Kita tunggu saja tanggal mainnya di ajang IIMS 2012. (RAO)


 

sudah dibaca 682 kali.