News

Daihatsu Miliki Sales dan Outlet Networks yang Solid

“Daihatsu is Back!” Begitu bunyi judul halaman utama salah satu majalah kenamaan ibukota. Judul yang rasanya tidak berlebihan diangkat untuk menunjukan kembali bangkitnya Daihatsu menjadi salah satu pemain penting di pasar otomotif nasional. Berdasarkan data dari Gaikindo, PT Astra Daihatsu Motor, agen tunggal pemegang merk Daihatsu di Indonesia, berhasil menunjukan tren penjualan yang positif sejak tahun 2007. Daihatsu berada di posisi keempat pada tahun 2007, setahun kemudian tanda perbaikan kinerja Daihatsu ditunjukan dengan naik ke peringkat ketiga ranking pangsa pasar. Prestasi dan kebangkitan Daihatsu mulai ditunjukan pada tahun 2009 dengan keberhasilan duduk di peringkat kedua ranking pangsa pasar. Semenjak itu hingga tahun 2011, posisi Daihatsu belum tergoyahkan dari posisi kedua penguasa pangsa pasar otomotif nasional.

Keberhasilan tersebut ditopang oleh kenaikan penjualan pada commercial maupun passengers segment. Prestasi Daihatsu tersebut tidak lepas dari keberhasilan Daihatsu untuk menyampaikan produk-produk terbaiknya ke pasar nasional. Berbicara tentang hal tersebut, peran outlet-outlet Daihatsu merupakan motor utama penggerak sekaligus keberhasilan. Jumlah dan produktivitas outlet dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Untuk jumlah oulet, tahun 2006 Daihatsu memiliki 147 outlet. Jumlah tersebut terus meningkat hingga tahun 2009 mencapai 169 outlet. Terakhir, pada tahun 2012 Daihatsu telah memiliki 192 outlet.

Selain peningkatan jumlah outlet peningkatan kinerja dari outlet-outlet tersebut lebih mengesankan. Sejak tahun 2006 hingga tahun 2008, produktivitas Daihatsu telah mencapai 2 kali lipat. Sedangkan, di tahun 2012, peningkatan produktivitas tersebut telah meningkat 4 kali lipat dibandingkan tahun 2006. Saat ini produktivitas Daihatsu telah mencapai 830 unit per tahun dibandingkan 243 unit per tahun pada tahun 2006. Dengan performa demikian, penjualan Daihatsu meningkat pesat dan membawa Daihatsu dapat duduk di peringkat kedua pangsa pasar nasional.

Guna terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pengguna Daihatsu, Daihatsu pun membuat program peningkatan kualitas outlet. Program tersebut dilakukan dengan melakukan standarisasi, up grade, dan relokasi outlet. Kini Daihatsu telah memiliki 185 sales outlet (showroom), 148 after sales service workshop, dan 2.889 spare part outlets (dealer dan part shop). Semua upaya tersebut dilakukan untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan dan mendekatkan diri dengan seluruh pengguna Daihatsu.

Daihatsu sales performance berhasil mempertahankan market share di posisi ke-2 pada periode 3 tahun terakhir. Productivity outlet mengalami peningkatan lebih besar daripada tumbuhnya market otomotif. Daihatsu semakin meningkatkan kualitas outlet melalui program stadarisasi, up grade & relokasi outlet.

Keberhasilan Daihatsu berada di posisi kedua pabrian otomotif di pasar nasional, tentunya menyimpan rahasia.selain keluaran produk-produk unggulannya. Daihatsu juga semakin menguatkan jaringan outletnya.

Hingga kini Daihatsu tela memiliki 185 sales outlet yang tersebar di selurah Indonesia. Tidak hanya itu Daihatsu juga memiliki 148 after sales service workshop. Melengkapi kedua outlet tersebut, Daihatsu juga memiliki 2.889 spare part outlets (dealer dan part shop). Semua hal tersebut tentunya dibuat Daihatsu untuk semakin memningkatkan kualitas Pelyanana kepaa seluruh oengguna Daihatsu. Serta tentu saja unutk semakin mendekatkan diri dengan Sahabat penggun Daihatsu.

sudah dibaca 1615 kali.